Home » , , , » Cara Mengatasi Wifi Laptop Error Tanda Seru

Cara Mengatasi Wifi Laptop Error Tanda Seru

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, November 12, 2014 | 11:25 AM

Ini pengalaman pribadi dan saya konsultasikan di salah satu grup FB, dan telah diberi solusi yang tepat oleh Pak Pak Rudi Harjanto. Ceritanya begini. 

Beberapa waktu lalu saya mengunjungi sebuah hotel dan ngenet di lobinya. Koneksi nyambung dan lancar setelah saya melakukan login dengan ID dan password di browser. Beberapa saat kemudian, saya memutuskan untuk mengakses internet dari dalam kamar. Pergi tanpa log out, laptop saya tutup (tanpa saya shutdown, jadi standby). 

Error tanda seru pada Wi-Fi Laptop
Error tanda seru pada Wi-Fi Laptop
Sesampai di kamar hotel, wi-fi laptop menjadi error. Ada tanda seru dan alt-nya (muncul jika Anda arahkan kursor Anda ke indikator Wi-Fi tersebut) bertuliskan no internet access. Saya mencoba mengatasi permasalahan ini dengan cara mengganti IP dengan IP statis, tapi tetap saja tidak bisa terhubung. Sebagai eksperimen, akhirnya saya balik ke lobi lagi tetap tidak bisa konek. Akhirnya saya hanya bengong tidak bisa akses. Mencabut AP hotel rasanya juga tidak mungkin. 

Rupanya masalah tanda seru ini tidak hanya sampai di situ. Saat saya sudah pulang ke rumah, dan mencoba connect ke access point di rumah, ternyata tanda seru juga muncul sehingga saya tidak dapat memakai internet lagi. 

Bagaimana cara menormalkan lagi?

Untuk masalah yang di rumah, rupanya disebabkan oleh pergantian dinamis ke statis yang saya lakukan terakhir. Jadi solusi dari Pak Rudi adalah mengembalikan settingan IP dan DNS menjadi auto obtain, dan menghapus profile auto connect atas SSID Wi-Fi yang bekas lobi hotel.

Bagaimana mengenai masalah koneksi yang di hotel?

Menurut Pak Rudi, biasanya jarak antara lobby dan kamar sudah terlalu banyak penghalang sehingga distribusi akses sudah beda AP. Meskipun masih pakai SSID yang sama, tapi karena hotel biasanya ada captive portal-nya, sehingga harus di logout dari login, kemudian refresh/reconnect karena koneksi yang di kamar sudah beda cookies dan session dari captive portal yang pertama di lobi.

Untuk itulah, coba bersihkan atau clear semua Cookies dan History session, dengan memakai tools seperti CCleaner. Atau cara yang paling mudah, ketika Anda connect, pakailah browser yang berbeda. Misalnya, bila di di lobi hotel Anda memakai Firefox, maka di kamar coba pakai Google Chrome.

CCleaner tool clear cookies history
CCleaner, salah satu tool yang dapat dipakai untuk membersihkan Cookies dan History di laptop.
Begitu solusi untuk koneksi internet pada laptop via Wifi yang mengalami error seperti saya. Anda dapat mencoba trik bermanfaat ini jika Anda mengalami hal yang sama seperti saya. InsyaAllah Wi-Fi laptop Anda akan kembali normal.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
1 Komentar
1 Komentar
Komentar

1 Komentar:

  1. wah alhamdulillah sudah bisa kang, terima kasih ya sudah mau berbagi pengetahuan, sangat bermanfaat untuk saya ^^

    ReplyDelete

Translate This Page into