Home » , » Rute Perjalanan Bandara ke Srengseng Sawah (PPPPTK Bahasa)

Rute Perjalanan Bandara ke Srengseng Sawah (PPPPTK Bahasa)

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Tuesday, October 28, 2014 | 3:45 PM

Kamis lalu saya melakukan perjalanan ke PPPPTK Bahasa, yang ada di Srengseng Sawah, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Kurang lebih beginilah kronologi perjalanan saya dari rumah hingga ke tujuan, yaitu PPPPTK Bahasa yang ada di Jalan Gardu, Srengseng Sawah.

Berangkat dengan pesawat Garuda dari Bandara Juanda, saya yang ada di Kota Batu harus bersiap pukul 02.30 WIB menunggu jemputan travel yang akan mengantar saya. Biaya travel dari Kota Batu ke bandara Juanda adalah Rp 80.000. Perjalanan Kota Batu ke Juanda sekitar 3 jam, sampai di sana pukul 06.00.

Ebah Suhaebah ahli bahasa
Ibu Ebah Suhaebah, ahli bahasa narasumber pelatihan e-Office yang saya ikuti.
Rupanya terminal Garuda Indonesia sekarang terpisah. Jika Anda dari terminal lama, yaitu terminal domestik yang kini disebut terminal 1, ke terminal Internasional yang disebut terminal 2 tempat berangkat Garuda, Wings, dan Lions, Anda harus memutar keluar dari bandara sekitar 5 km. Sebenarnya ada jalan tembus antara kedua terminal tersebut tanpa harus melalui jalan umum. Sayangnya, jalan tembus itu adalah milik Merpati yang tidak mengizinkan umum melalui jalannya. Hanya pejabat tertentu saja yang diberi izin melaluinya. Untuk itu, jika travel perjalanan Anda mengantar penumpang di terminal 1 dan 2, si sopir perlu memperhitungkan risiko terjebak macet di jalan umum yang terkenal padat yang harus dilalui ke terminal 2. Menurut cerita driver travel, banyak penumpang yang ketinggalan pesawat gara-gara terjebak macet di sana. Khusus saya lumayan santai, karena saya ambil yang berangkat pukul 08.25, hanya saja ya harus sabar menunggu. Menurut seorang penumpang yang ngobrol dengan saya sambil menunggu boarding--beliau pernah menggunakan terminal ini tahun 2004 saat menjadi TKI di Brunei Darussalam--, terminal "baru" ini sebenarnya terminal yang sudah dibuka pada masa Gus Dur dulu, lalu sempat ditutup kembali dan kemudian sekarang baru dibuka lagi.

Pesawat berangkat on-time. Sesampai di Cengkareng. pukul 10.00. Kemudian saya pergi ke halte tunggu bus DAMRI. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk menunggu bus DAMRI jurusan Pasar Minggu. Dalam perjalanan, saya tertidur di bus dan terbangun saat bus berada di luar terminal Pasar Minggu tepatnya di depan pangkalan taksi yaitu saat awak bus menawarkan untuk menurunkan penumpang yang ingin melanjutkan dengan taksi. Dari terminal Pasar Minggu, saya melanjutkan dengan ojek. Tukang ojek menawarkan 25.000. Tidak menawar, tukang ojek langsung tancap ke Jalan Gardu, Srengseng Sawah, Lenteng Agung (sempat melawan arus beberapa meter :D).

Ternyata, jalan ke Jalan Gardu dari Pasar Minggu hanya lurus saja mengikuti rel kereta api listrik hingga ada cabang jalan supit urang ambil yang arah kiri (yang arah kanan entah ke mana lupa saya tulisannya). Perjalanan dari Pasar Minggu ke jalan kardu memakai sepeda motor memerlukan waktu kira-kira 15 sampai dengan 20 menit. Ketika tiba di tujuan, waktu menunjukkan pukul 12.30 WIB. Berarti dari bandara Cengkareng ke Srengseng Sawah memerlukan waktu kurang-lebih 2,5 jam. Demikian catatan perjalanan ke Srengseng Sawah yang bisa saya ingat. :)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into