Home » , , » Cara Share Status Facebook yang Tidak Ada Tombol Share

Cara Share Status Facebook yang Tidak Ada Tombol Share

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Tuesday, April 8, 2014 | 10:00 AM

Mengikuti/follow para motivator dan pencerah di Facebook, kita akan sering mendapatkan petuah-petuah berharga melalui status-status yang mereka posting. Hal itu tentu akan membuat kita tertarik untuk membagikannya ke semua teman-teman kita melalui tombol share Facebook yang ada di bawah posting status tersebut. Dengan sekali pencet, status-status yang menginspirasi tersebut akan segera diterima oleh teman-teman kita, yang kemungkinan juga akan segera share ke teman-temannya, dan seterusnya.

Sayangnya, kadang kita tidak bisa menemukan tombol share itu di bawah postingan. Yang pasti, tombol share Facebook muncul apabila kita posting tautan atau link, gambar atau photo, video, atau catatan atau note. Selain pada empat jenis posting tersebut, kita tidak bisa berharap tombol ini selalu muncul. Penyebabnya macam-macam, saya sendiri belum dapat mengetahui apa sebab yang pasti, tetapi yang jelas salah satunya adalah karena postingnya berbasis teks atau tulisan yang diunggah melalui handphone atau smartphone.

Lalu bagaimana kita share status yang tidak ada tombol sharenya?

1. Share via Copas + Referensi Tagging Mentions

Sebagian orang biasanya izin terlebih dahulu untuk mengcopasnya dengan menambahkan sumber pemilik status, yaitu dengan memberikan tag melalui fitur mention yang ada di Facebook. Cara yang etis biasanya sebagai berikut:
  1. Copas status seseorang di kolom posting.
  2. Di bawahnya kita tulis kredit atau referensi misalnya: share status dari [Nama Pemilik status]. Tulislah nama dengan lengkap agar tagging-nya muncul. Jika gagal kita tambahkan @[nama pemilik statuas] untuk memanggilnya, artinya mention si pemilik status. Sedikit berbeda dengan twitter, Facebook akan memberi kita beberapa nama yang relevan dengan nama yang kita ketik mention di sana.
  3. Pilih nama yang bersangkutan.
  4. Post status dengan tombol Post.
Kata-kata referensi bisa Anda ganti dengan kreasi sendiri, misalnya seperti contoh di bawah ini:

Share status via copas + referensi
Share status via copas + referensi

2. Share via Link

Saya lihat, share via link ini masih jarang dilakukan oleh teman-teman kita. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Copy link referensi statusnya yang ada tepat di bawah nama pemilik status. Link ini berupa petunjuk waktu diunggahnya status tersebut, misalnya menggunakan jam: 2 jam yang lalu (2 hours ago), menggunakan menit: dua menit yang lalu (2 minutes ago), atau menggunakan hari: yesterday (kemarin), April 4 (tanggal). Pada browser Firefox misalnya, Anda bisa mencopynya dengan klik kanan link, dan pilih Copy Link Location
  2. Anda tinggal Paste ke kolom posting Facebook Anda.

Cara share via link Facebook
Pemilik status Facebook, link referensi posting, permalink waktu update status, dan link asli pada browser Firefox.
Hasilnya persis seperti halnya Anda melakukan share status via tombol Share Facebook. Misalnya, pada posting share kita itu terdapat tulisan: Tricahyo Abadi shared Arif Subiyanto's status, seperti di bawah ini.


Contoh hasil share status Facebook via link
Sekian +Tukar Cerita kali ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda. Jika memiliki tips atau cara share yang lebih cepat, Anda bisa berbagi cerita via komentar di bawah.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into