Home » » Tidak Bisa Terima Panggilan Masuk dan SMS saat Pakai Data Internet

Tidak Bisa Terima Panggilan Masuk dan SMS saat Pakai Data Internet

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Friday, August 23, 2013 | 11:02 PM

Pertanyaan ini datang dari pengunjung blog saya yaitu Mbak Rosi Nolasari di posting Cara Mengatasi Koneksi Data Error pada Lenovo A690. Beliau menanyakan mengapa HP dual SIM seperti Lenovo A690 dan P700i tidak bisa menerima telepon dan SMS ketika dipakai browsing atau pakai data internet lain. 


Saya sendiri tidak tahu mengapa itu bisa terjadi. Oleh karena itu seperti biasanya kita Googling untuk mencari tahu mengapa Dual SIM tidak bisa menerima panggilan dan SMS. 

Menurut forum-forum android seperti XDA Developer, kemungkinan permasalahannya adalah terletak pada teknologi koneksi data (saya bilang mungkin karena tidak tahu benar atau tidak). Pada koneksi EDGE, yaitu teknologi koneksi data sebelum 3G muncul, kita tidak dapat menerima panggilan atau pesan SMS pada saat kita mengaktifkan koneksi data internet.

Pada Lenovo A690 dan P700 yang memiliki dua slot SIM, slot SIM utama dapat mengidentifikasi jaringan 2G maupun 3G, sedangkan slot sekunder atau slot kartu kedua hanya dapat menerima jaringan 2G. Slot SIM pertama sebenarnya memiliki kemampuan untuk melakukan koneksi data internet dan panggilan pada saat yang sama, namun slot kedua tidak demikian. Jika salah satu atau keduanya diaktifkan, maka masalah tidak bisa terima panggilan saat data internet aktif tersebut dapat muncul, khususnya apabila kita hanya mendapatkan sinyal EDGE (kita berada di wilayah cakupan jaringan EDGE saja).

Pada beberapa smartphone, prioritas transfer data dan panggilan diatur pada mode DDTM (dual transfer mode atau entah apa itu saya malas cari tahu, hahaha) yang dapat diatur pada Menu > Settings > Call Setting > DDTM Mode

DDTM mode mengirimkan panggilan masuk ke voicemail selama koneksi data aktif.

Mode DDTM Off (default-nya off)

Ketika menerima panggilan masuk pada koneksi 3G, maka kiriman paket data akan ditunda dan secara otomatis akan di-resume saat panggilan selesai. Artinya dapat menerima panggilan masuk, tetapi koneksi internet tertunda. Atau dengan kata lain, panggilan masuk diprioritaskan daripada transfer data.

Mode DDTM On

Kita tidak dapat melakukan panggilan dan internetan secara bersamaan. Jika kita menerima panggilan masuk pada saat data aktif, HP akan meneruskannya ke voicemail. Kita bisa melakukan panggilan keluar, tetapi akan menghentikan proses sesi data yang sedang berlangsung, dan tidak otomatis me-resume sesi data tersebut.

Kira-kira demikian cara ngawur saya, mudah-mudahan membantu Anda. Sumbang jempol TCA jika terbantu. Sekian. Salam.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into