Home » » Materi dan Tahapan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah

Materi dan Tahapan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Friday, July 5, 2013 | 11:58 AM

Diklat implementasi Kurikulum 2013 untuk kepala sekolah dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Persiapan, mencakup formulasi program diklat, penyusunan dan penentuan struktur program, penyiapan bahan diklat, penentuan peserta, dan rapat koordinasi/sosialisasi dengan melibatkan Dinas Pendidikan, PPPPTK, LPPKS dan LPMP.
  2. In Service Learning 1, mencakup penyajian materi tentang Kurikulum 2013, yang meliputi: konsep Kurikulum 2013, konsep pembelajaran tematik, analisis buku guru, analisis buku siswa, perancangan RPP, perancangan penilaian, perancangan model belajar, simulai aktivitas siswa belajar dan guru serta peer teaching. Materi-materi tersebut disusun berdasarkan peran dan tugas kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013.
    Kegiatan pembelajaran pada tahap ini diawali dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal peserta. Hasil pretest dijadikan dasar/acuan dalam pengelolaan kelas. Langkah selanjutnya adalah penyajian materi terkait dengan kepemimpinan kepala sekolah dan menajemen sekolah, yaitu meliputi: budaya sekolah, manajemen perubahan, kepemimpinan pembelajaran dan supervisi akademik, pengelolaan pembelajaran tematik terpadu, dan pengelolaan peminatan peserta didik. (lihat detail materi pada tabel bawah)
    Kegiatan ini bertujuan mengubah mindset pada peserta sehingga dapat lebih responsif terhadap perubahan yang tidak terhindarkan (inevitability of change) dari kurikulum lama ke kurikulum baru. Selain itu untuk menumbuhkan keyakinan, nilai-nilai, tradisi, motivasi, dan komitmen sekolah dalam mendukung implementasi Kurikulum 2013 sesuai dengan karakteristik dan tuntutannya.
  3. On the Job Learning (OJL) 1, kegiatan ini dimaksudkan untuk menerapkan hasil In Service Learning 1 di Satuan Pendidikan masing-masing peserta sesuai Rencana Tindak Lanjut (RTL). Berdasarkan target yang ditetapkan, maka pada OJL 1 ini peserta diharapkan dapat menyelesaikan kegiatan sampai tahap pengelolaan pembelajaran. Selama proses OJL 1 akan dilakukan kegiatan pendampingan oleh pengawas sekolah kepada kepala sekolah dan guru di sekolah sasaran.
  4. In Service Learning 2. Pada tahap ini, peserta akan menyampaikan hasil implementasi Kurikulum 2013 sesuai RTL atau hasil OJL 1 untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari implementasi Kurikulum 2013. Setiap peserta wajib menyerahkan portofolio dan mempresentasikannya. Selain itu, pada tahap ini juga akan dilakukan monitoring dan evaluas terhadap keterlaksanaan implementasi Kurikulum 2013. M dan E dilakukan untuk sekolah-sekolah yang letaknya dekat dengan tempat pelaksanaan In Service Learning 2. M dan E akan dilaksanakan oleh petugas pada wilayah sasaran masing-masing. 
  5. On the Job Learning (OJL) 2. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari OJL 1. Peserta wajib menyelesaikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan pada RTL. Pada OJL 2 kegiatan pendampingan dilakukan secara melekat oleh kepala sekolah sesuai dengan satuan pendidikan masing-masing.
  6. Pelaporan. Setelah seluruh kegiatan OJL 1 dan 2, peserta diwajibkan menyusun laporan yang dilengkapi dengan bukti-bukti hasil kegiatan dan dikirim ke PPPPTK/LPPKS/LPMP yang sebagai penyelenggara diklat.
Secara skematis, tahapan diklat dapat dilihat pada gambar 4 berikut:


Kompetensi yang hendak dicapai untuk setiap mata diklat dapat dilihat pada tabel 2 berikut ini:

Daftar Kompetensi Peserta Diklat 

No. Materi Pelatihan Kompetensi
1 KONSEP KURIKULUM 2013 -
- Rasional Memahami secara utuh tentang konsep
Kurikulum 2013
- Elemen Perubahan
- SKL, KI dan KD
- Strategi Implementasi
2 ANALISIS MATERI AJAR -
- Analisa Buku Guru (Kesesuaian,
Kecukupan, dan Kedalaman Materi)
  • Memahami strategi menggunakan buku guru untuk kegiatan belajar mengajar.
  • Menganalisis keterkaitan SKL, KI, dan KD dengan isi buku guru.
  • Menguasai secara utuh materi, struktur, dan pola pikir keilmuan materi pelajaran.
  • Menguasai penerapan materi pelajaran pada bidang/ ilmu lain serta kehidupan sehari-hari .
- Analisa Buku Siswa (Kesesuaian,
Kecukupan, dan Kedalaman Materi)
Kemampuan menganalisis kesesuaian
tema dengan kompetensi yang
diharapkan dimiliki oleh siswa
3 Perancangan Model Belajar -
- Penyusunan RPP (aktivitas belajar
dengan pendekatan scientific)
Menyusun rancangan pembelajaran yang
berbasis pendekatan scientific, tematik
terintegrasi sesuai model belajar yang
relevan dengan mempertimbangkan
karakteristik peserta didik baik dari aspek
fisik, moral,sosial, kultural, emosional,
maupun intelektual
- Perancangan Penilaian (Tes, Non
Tes, dan Portofolio serta rancangan
penerapan Authentic Asessment)
Mengevaluasi dengan pendekatan
authentic assessment dalam bentuk tes,
non tes, dan portofolio pada domain proses
dan hasil
4. Praktik Pembelajaran Terbimbing -
- Simulasi (aktivitas siswa belajar dan
guru)
Melaksanakan pembelajaran berbasis
pendekatan scientific
- Peer Teaching
5 Evaluasi Peserta -
- Pretest Kemampuan kepala sekolah dalam memahami konsep kurikulum, cara menggunakan buku guru dan buku siswa, teknik menganalisis model belajar, merancang model belajar, praktik
pembelajaran terbimbing, kepemimpinan,
manajemen perubahan dan budaya sekolah, pengelolaan pembelajaran tematik terpadu, pengelolaan pembelajaran
- Posttest
6a Kepemimpinan Pembelajaran, Manajemen Perubahan, dan Budaya Sekolah -
- Budaya Sekolah Mengeksplorasi peran kepala sekolah
sebagai pememimpin pembelajaran,
mengembangkan kemampuan mengelola
perubahan dan megembangkan,
memantau dan mengevaluasi
perkembangan dan pembaharuan
budaya sekolah
- Manajemen Perubahan
- Kepemimpinan Pembelajaran dan Supervisi Akademik
- Bermain Peran
- Membangun Budaya Sekolah
6b Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu (SD) -
- Pembuatan Jaringan Tema Mendeskripsikan konsep pembelajaran
Tematik Terpadu (SD)
- Simulasi Pemecahan Masalah Tematik
6c Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu (SMP) Mendeskripsikan konsep pembelajaran
Tematik Terpadu (SMP)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into