Home » » Menipu dengan Domain Gratis Blgospot: Dapat 100 Juta Diringkus Polisi

Menipu dengan Domain Gratis Blgospot: Dapat 100 Juta Diringkus Polisi

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Monday, June 10, 2013 | 2:06 PM

Begitu mudahnya kita mendapatkan domain gratis seperti blogspot ini membuat orang-orang jahat memanfaatkannya untuk menipu. Dulu pernah kita bahas penipuan pemenang point kartu telepon tertentu yang memanfaatkan domain gratis ini. Baru-baru ini terungkap sindikat penipuan yang membuat perusahaan alat berat abal-abal untuk menipu korbannya. Pertama sindikat mengiklankan jasa sewanya lewat situs jual beli online www.olx.co.id. 

Dalam iklannya itu, sindikat ini menggunakan nama perusahaan di daerah Jakarta Utara, contact person, dengan nomor telepon, serta alamat email gratisan di pt.abhipatramudawana@gmail.com. 

Untuk menarik dan meyakinkan korbannya, mereka juga mengunggah gambar-gambar alat berat pada situs jual beli tersebut. Penyewa yang tertarik diminta untuk membuka laman perusahaan yang mencantumkan detail harga sewa yang murah, yang tak lain adalah blog dengan alamat di pt-abhipatramudawana.blogspot.com. Korban yang tergiur dengan tawaran di blog tersebut  kemudian tertarik untuk menghubungi alamat yang tertera. Selanjutnya korban digiring untuk mentransfer sejumlah uang. Tidak tanggung-tanggung, seorang kontraktor bernama Bernardus Dwijoga Pradana Iswara mentransfer hingga 109 juta. Korban pun segera melapor ke polisi.

Akhirnya setelah penyelidikan selama enam bulam, Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya berhasil meringkus dua tersangka di daerah Jakarta Timur, melenceng dari alamat yang telah dicantumkan di iklan olx.co.id dan di blognya. Polisi juga mengamankan beberapa barang bukti termasuk seperangkat komputer dan surat yang terkait dengan tindak pidana tersebut. Demikian berita dari Detik.com.

Hati-hati ya. Yang jelas, walau gratisan blog situs Tukar Cerita ini bukan abal-abal. :D
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into