Home » » Pelatihan Kurikulum 2013 dan Jadwalnya bagi Narasumber, Instruktur Nasional, Guru Inti, dan PTK Sasaran

Pelatihan Kurikulum 2013 dan Jadwalnya bagi Narasumber, Instruktur Nasional, Guru Inti, dan PTK Sasaran

Posted by Tricahyo Abadi on Sunday, June 16, 2013 | 7:46 PM

Dalam rangka memenuhi permintaan dan rasa penasaran para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang harap-harap cemas mengenai pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013 di bulan Juni dan Juli ini, juga untuk membantu laman portal Kurikulum Kemdikbud supaya tidak bottleneck, sekaligus berusaha menjaring pengunjung dari kalangan yang telah saya sebutkan di atas dan men-drive beliau agar rajin berkunjung ke blog saya, maka saya posting informasi terbaru mengenai implementasi tahap awal Kurikulum 2013 melalui pelatihan. Hehehe. Ini sekaligus revisi/update postingan berisi jadwal yang kemarin. (UPDATE 27 Juni 2013!)

Terkait pelaksanaan Diklat Kurikulum 2013, ada empat kelompok utama yang terlibat dalam pelaksanaan diklat ini, yaitu:
  1. Narasumber, yang melatih pelatih/instruktur nasional
  2. Pelatih/Instruktur Nasional, yang terdiri dari widyaiswara PPPPTK, widyaiswara LPMP, dosen perguruan tinggi, serta guru inti dan PTK pilihan lainnya yang akan melatih Guru Inti
  3. Guru Inti, yaitu guru inti yang akan mengimbaskan ke seluruh PTK Sasaran
  4. PTK Sasaran, yang terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah
Jadwal terbaru pelatihan Kurikulum 2013 bagi narasumber, instruktur nasional, guru inti, serta PTK Sasaran yang terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah adalah sebagai berikut:
  1. Penyegaran Narasumber Nasional pada tanggal 26 sampai dengan 28 Juni 2013 di Hotel Millennium, Jakarta
  2. Pelatihan Instruktur Nasional bagi Guru Inti pada tanggal 29 Juni sampai dengan 3 Juli 2013 di Hotel Grand Boutique, Jalan Angkasa Nomor 1, Jakarta
  3. Pelatihan Instruktur Nasional bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah pada tanggal 29 Juni sampai dengan 5 Juli 2013 di The Batavia Hotel, Jalan Kali Besar Barat Nomor 44 - 46, Jakarta
  4. Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru inti SD, SMP, SMA, SMK akan dilaksanakan pada tanggal 4 sampai dengan 8 Juli 2013. (Jadwal pelatihan guru inti IPS dan PKn SMP serta guru inti Sejarah SMA dan SMK region Bandung dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 9 Juli 2013).
  5. Pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru sasaran SD, SMP, SMA, SMK akan dilaksanakan pada tanggal 9 sampai dengan 13 Juli 2013
  6. Pelatihan Kurikulum 2013 bagi kepala sekolah sasaran SD, SMP, SMA, SMK akan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 14 Juli 2013 dengan rincian sebagai berikut:
    • 8 sampai dengan 9 Juli 2013 pelatihan dengan materi sebagai kepala sekolah
    • 9 sampai dengan 13 Juli 2013 pelatihan dengan materi sebagai guru (pelaksanaannya bergabung dengan pelaksanaan pelatihan bagi guru sasaran sesuai dengan latar belakang mapel/guru kelas)
    • 13 sampai dengan 14 Juli 2013 pelatihan dengan materi sebagai kepala sekolah
  7. Pelatihan Kurikulum 2013 bagi pengawas sekolah sasaran SD, SMP, SMA, SMK akan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 14 Juli 2013 dengan rincian sebagai berikut:
    • 8 sampai dengan 9 Juli 2013 pelatihan dengan materi sebagai pengawas sekolah (materi untuk pengawas SMP/SMA/SMK berdasarkan rumpun yaitu MIPA, IPS, dan Bahasa)
    • 9 sampai dengan 13 Juli 2013 pelatihan dengan materi sebagai guru (pelaksanaannya bergabung dengan pelaksanaan pelatihan bagi guru sasaran sesuai dengan latar belakang mapel/guru kelas)
    • 13 sampai dengan 14 Juli 2013 pelatihan dengan materi sebagai pengawas sekolah
  8. Pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru agama SD dilaksanakan oleh Kemenag.
  9. Pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru agama SMP tidak dilaksanakan.
Pelatihan terhadap Guru Inti oleh pelatih/instruktur nasional dibagi menjadi enam region, yaitu Region Makassar, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan, dengan pembagian sebagai berikut:

Catatan: Update Jadwal 26 Juni 2013

No Pelatihan Regional Provinsi LPMP
1 Makasar Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Bali LPMP Sulawesi Selatan
2 Jakarta DKI Jakarta, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah LPMP DKI Jakarta
3 Bandung Jawa Barat, Banten LPMP Jawa Barat
4 Semarang Jawa Tengah, DI Yogyakarta LPMP Jawa Tengah
5 Surabaya Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur LPMP Jawa Timur
6 Medan Sumatera Barat, Sumatera Utara, Ace, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jambi LPMP Sumatera Utara


Sila lihat juga:

Jadwal pelatihan Kurikulum 2013 oleh Guru Inti bagi PTK Sasaran

Guru dan Sekolah Sasaran Implementasi Kurikulum 2013


Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
2 Komentar
2 Komentar
Komentar

2 Komentar:

  1. Saya salah satu peserta dari Samarinda Kalimantan Timur yang terdaftar dalam Daftar Diklat Guru Inti Mapel PKN untuk Region Surabaya. (lihat internet 27 Juni 2013). Tapi setelah saya menghubungi lewat sms no Hp 085755033343, yaitu nomor yang tercantum yg diharapkan dihubungi, ternyata jawabannya adalah : "Sementara anggap info informal ya pak. Bapak bisa berangkat jika ada surat undangan. Data dari Pusat ada beberapa perubahan. Besok (hari ini) saya pastikan". Bagaimana dengan informasi ini? mohon informasi, dan makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keadaan memang seperti itu Pak. Berhubung update data peserta terus dilakukan oleh pusat, maka data di blog ini berlaku sebagai informasi tidak resmi. Bapak/Ibu yang namanya tercantum TIDAK DAPAT menjadi peserta apabila tidak mendapatkan surat undangan dan surat tugas resmi.

      Delete

Translate This Page into