Home » , » Facebook Home "Mengangkangi Muka Android"

Facebook Home "Mengangkangi Muka Android"

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Friday, April 5, 2013 | 4:05 PM

Kali ini Facebook benar-benar bertengger "mengangkangi Android" Google dengan meluncurkan aplikasi terbarunya, Facebook Home .

“Kami tidak membuat handphone yang hanya bisa dipakai oleh beberapa orang. Seandainya kami berhasil membuat HP yang benar-benar berkualitas pun, kami hanya akan bisa menyediakannya buat satu hingga dua persen pelanggan kami. Kami juga tidak mengembangkan Operating System, tapi kami membangun sesuatu yang lebih berkesan daripada hanya sekedar aplikasi. Oleh karena itu, kami memperkenalkan "Home" pada Anda. Ini adalah kerabat aplikasi.” Demikian ungkap Mark Zuckerberg.
Cover Feed (Foto: Newsroom FB)

Dalam memperkenalkan Home, Tom Alison and Adam Mosseri karyawan Facebook, menuliskan alasannya di halaman situs News Room perusahaannya: “Seringkali kita ketinggalan update teman kita, tapi kini Home berada di pusat tampilan beranda depan handphone milik kita. Ini adalah jendela tempat kita bisa memandang apa yang sedang dilakukan teman kita di sana. Sama halnya dengan ketika kita sedang mengantre di depan kasir super market, kita bisa menikmati momen-momen yang terjadi di dunia kita dengan Facebook Home. Handphone dibuat untuk aplikasi. Tapi orang menginginkan terhubung dan berbagi lewat media sosial. Untuk itulah Home dibuat.”

Cover Feed 

Saat kita install, Facebook Home akan mengganti muka Android dengan tampilan social media yang diusungnya yang diberi nama Cover Feed. Feature ini mengambil alih fungsi sebagai Home Screen dan Lock Screen Android. Dengan umpan-muka ini, Androidphone seakan berubah menjadi social (baca facebook) phone. Sekali handphone kita aktifkan, Cover Feed langsung menyuguhkan tampilan background gambar full-screen yang diambil dari gambar dan posting dari teman kita di Facebook. Pemilik HP bisa langsung membolak-balik tampilan tersebut untuk memilih dan berinteraksi dengan teman Facebook mereka, seperti halnya menjempol update status langsung dengan dua ketukan pada layar atau menulis posting tanpa harus membuka aplikasi lagi. 

Chat Heads

Chat Heads (Foto: Newsroom FB)
Dengan feature Chat Head kita bisa tetap chatting dengan teman sembari menggunakan aplikasi lain. Feature ini memadukan Facebook Messenger dengan SMS reguler handphone kita.  Saat teman mengirimkan sebuah pesan, satu kepala-obrolan akan muncul kapan saja termasuk saat pengguna handphone sedang membuka satu aplikasi lain. Feature ini tampil lengkap dengan wajah si pengirim pesan, sehingga kita benar-benar tahu dengan siapa kita ngobrol. Dengan demikian, kita bisa memutuskan apakah akan membuka pesan tersebut atau menghilangkannya, atau menyimpannya untuk dibaca belakangan tanpa harus menutup aplikasi yang sedang mereka pakai. Itu bisa dilakukan hanya dengan satu sentuhan.

Notifikasi

Notifikasi feed muncul berbentuk kartu kecil semacam snippet-nya Google Search. Jika tidak menginginkannya, kita tinggal menyapunya keluar untuk membersihkannya (swipe). Jika ingin menghilangkan notifikasi itu seluruhnya, caranya kita tekan beberapa saat hingga semua kartu menyatu, barulah kemudian di-swipe.
Notifikasi (Foto: Newsroom FB)

Mengapa Facebook Bisa "Mengangkang di Muka Android"?

Itu adalah karena keterbukaan Android sendiri. Lain halnya dengan iOS milik Apple yang bisa menjaga dan melindungi konsumen secara eksklusif, Android sebagai media open source milik Google membebaskan kita untuk mengembangkan kreativitas dengan Google Play sebagai wadahnya. Dengan demikian, Facebook tak perlu menjalin kerja sama dengan Google.  Namun, tidak menutup kemungkinan, akan terbentuk jalinan kerja sama kelak dengan Apple untuk membangunnya di iPhone. Tentu saja kata kuncinya adalah Kemitraan.

Apakah Ada Facebook Phone

Sudah dijawab oleh Facebook bahwa hal itu tidak ada. Juga tidak semua smartphone bisa menginstall Home. Dalam Newsroom-nya, Facebook hanya mendaftar tujuh handphone . Empat handphone sudah ada di pasaran, yaitu HTC One X HTC One X+, Samsung GALAXY S III, dan Samsung GALAXY Note II. Dua handphone lain yaitu HTC One dan Samsung GALAXY S4 masih belum keluar. Sedangkan handphone satunya lagi yang mungkin bisa disebut Handphone Facebook, adalah HTC First. Smartphone ini diluncurkan dengan mengusung Facebook Home sebagai defaultnya.  Tanggal peluncurannya sama dengan tanggal dirilisnya Facebook Home di Google Play. “Smartphone ini dirancang untuk mengoptimalkan Facebook Home.” Kata CEO HTC Peter Chou.

Demikian kabar terbaru dari Facebook.  Yang punya duit siap-siap ganti HH. Saya pakai hape jadul saja, hehehe.

Sumber:
CNN
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into