Home » » Game Android Terbaik buat Bayi Usia 1,5 Tahun

Game Android Terbaik buat Bayi Usia 1,5 Tahun

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Sunday, March 31, 2013 | 8:53 PM

Pilihan game android terbaik buat bayi ini sesuai pengalaman saya saja yang mempunyai anak usia satu setengah tahun, atau tepatnya dua tahun enam bulan. Pertama kalinya saya install banyak game buat bayi (baby games) yang memiliki rate tinggi di Google Play. (Saya pilih yang 4.5 ke atas). Kemudian seiring anak saya memainkannya, baru saya seleksi mana yang saya anggap paling bagus. Jadi, yang terlibat pemilihan di sini sebenarnya bukan hanya saya yang menyeleksi, tetapi juga anak saya sendiri dengan cara ngambek bila game yang dia buka tidak dia sukai. :)

Dengan demikian kriteria utama game android terbaik untuk anak di sini adalah: genre pengenalan binatang, suara, dan lagu anak-anak, game-nya disukai anak saya, dan saya mengamini. Kali ini saya memilih tiga game, yaitu Baby Loves Sounds, Baby Phone, dan Baby Match Sounds.

Baby Love Sounds

Pertama, untuk anak usia satu setengah tahun yang mulai mengerti suara dan gambar saya merekomendasikan Baby Love Sounds (klik tautan judul untuk mengunduh langsung di Google Play). Game buatan developer Geesun Xu ini mengenalkan berbagai macam suara kepada anak kita melalui 4x3 kotak ilustrasi gambar kartun yang lucu-lucu dalam sembilan halaman. Jadi total ada 108 gambar dan suara khasnya di sana. Jika setiap kotak gambar kartun itu disentuh, akan muncul suara serta foto asli asal suara yang kualitasnya jernih. Mulai dari suara binatang, angka dengan pengejaannya, suara alat musik, suara alarm mobil ambulan, hingga suara orang ciuman! Tapi jangan ngeres dulu. ilustrasi ciuman gambar ini melibatkan anak kecil, bukan game dewasa, hehehe. Beberapa gambar cukup edukatif sebagai pembiasaaan disiplin, misalnya menggosok gigi, mencuci tangan. Tapi, saya menemukan ada satu gambar kekerasan, yaitu suara kaca pecah ilustrasinya orang memecahkan kaca. Bisa berabe kalau ditiru anak. Di luar yang satu itu, menurut saya game ini punya tiga kelebihan: kartun lucu sebagai ilustrasi disertai foto high definition, dan suara asli yang juga cukup jelas. Menurut saya game Baby Love Sounds ini paling lengkap. Game ini berbeda dengan game lain yang setelah saya lihat hanya menawarkan beberapa sound atau fitur kemudian jika kita ingin membuka fitur lain maka kita diminta membeli game full version-nya di Google Play. Oleh karena itu, saya merekomendasikannya sebagai salah satu game android terbaik untuk bayi dengan rate bintang lima untuk game Baby Love Sounds ini. Perfect!

Baby Phone

Game produksi developer Penguin Apps ini berupa papan tombol (keypad) angka 1 sampai dengan 9 dan juga tombol Call layaknya keypad smartphone layar sentuh ditambah tiga tombol ekstra berupa gambar kartun binatang. Jika tombol Call atau tombol ekstra tersebut disentuh, akan mengarahkan ke nursery rhyme dan lagu anak-anak bahasa Inggris. Mulai dari  If You're Happy (Jika Kau Suka Hati), My Little Dog, Three Blind Mice, hingga Incy Wincy Spider (ini rimanya mirip lagu Kacung Kampret yang saya kenal waktu kecil dulu). Pada sesi lagu ini muncul gambar ilustrasi lagu yang sedang dinyanyikan dan dibawahnya tombol keypad berupa buah-buahan diakhiri tombol End. Sayangnya menurut saya penempatan game Baby Phone ini bisa misleading karena jika tombol buah-buahan itu disentuh yang terdengar suara hewan. Jadi buah-buahan bersuara hewan, ehehe. Untuk mengakhiri lagu dan balik ke halaman awal tinggal pencet tombol End. Saya menilai game Baby Phone ini 4.7 dari rentang 5.

Baby Match Sounds

Game tebakan suara juga keluaran dari Geesun Xu. Tampilannya cukup sederhana. Jika ditekan tombol Play, terdengar suara yang akan ditebak disertai tampilan gambar kartun bayi yang kebingungan dan di bawahnya ada foto binatang yang akan menjadi pilihan yang mana mengeluarkan suara tadi. Jika salah pilih, game Baby Match Sounds ini akan mengeluarkan suara "try again" (coba lagi) hingga si anak memencet gambar yang benar akan diberi pujian. Mungkin maksudnya agar jangan menyerah hingga berhasil. Bagus juga kalau seperti itu. Game ini sangat baik untuk mengenalkan suara, anak bisa fokus ke suara binatang, tidak terlalu melebar banyak seperti game Baby Love Sounds. Saya rekomendasikan ini 4.5 dari rentang maksimal 5.

Sekian dulu ya, nanti kalau ada game Android untuk bayi yang saya sukai akan saya posting di sini lagi. Atau teman-teman punya saran game apa? Nanti saya review di sini. Terima kasih. :)

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into